Senin, 14 Juli 2008

Proses Fitting Kaki Palsu Yang Baik

Membuat kaki palsu yang seharusnya akan diceritakan disini.
............................................................................................................
Ini kegiatan sehari-hari di bengkel orthotik & prostetik RSCM atau yang lebih dikenal sebagai unit OP instalasi rehabilitasi medik RSCM.
Ini tampak ada seorang prostetist (ahli membuat prostesa atau pengganti anggota tubuh palsu), yang digambar ini bapak Sriyanto, chief nya bengkel OP kami di RSCM.
Beliau jauh banget lho belajar OP nya Diploma dari jerman...
Kerjaan OP yang sempurna so pasti ribet banget.
Mulai mengukur stump atau puntung anggota tubuh yang diamputasi, lalu mempersiapkan pencetakan socket agar cekat dengan puntung yang disebut sebagai "negative casting" dengan menggunakan gips atau plaster of paris.
Tahap selanjutnya adalah menunggu gips tadi kering, lalu dicor dengan bubuk gips atau semen putih supaya kita punya panduan atau imitasi besar dan bentuk puntung secara 3 dimensi, tahapan ini disebut sebagai "positive casting".
Setelah blok gips tadi kering, lalu di beri tongkat penyangga agar bisa ditegakkan.
Lalu masuk ke tahapan pembuatan inner socket yaitu pelapis puntung yang kedap air, ringan dan menjadi dasar dari kaki palsu tersebut.
Kemudian hard socket atau sisi luarnya dan diteruskan dengan pembuatan thigh piece, knee joint unit, shank, SACH Foot... dst.
Setelah semua proses selesai, lalu akan dilakukan fitting atau pengepasan pada kaki pasien.
Pada gambar diatas, pak Sri memasukkan Stockinett pelapis puntung dulu lalu membantu pasien memasukkannya ke dalam socket.
Kemudian pasien harus dilatih mengencangkan menggunakan suspensi kemudian dilatih untuk berjalan dengan menggunakan kaki barunya.
Proses ini memang memakan waktu dan beaya sehingga prosthesis kaki yang baik dengan harga minimal sekitar 8jutaan...
Kalo yang light atau super duper ringan, bisa dipakai berlari dan naik sepeda....
wwuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaah, gak kebayangkan mahalnya....
Yang jelas puluhan or ratusan juta rupiah.... mengingat perbandingan rupiah dengan dollar.
Supplier tersering untuk komponen kaki palsu adalah Ottobock, jadi sebagian besar import dari jerman. Kalo yang modifikasi lokal ya terus terang nggak durable.. tapi saudara2 kita banyak yang membutuhkannya.
Untuk membuat tangan palsu juga punya tahapan yang mirip.. Begitu pula yang lainnya...
At the end... it's all our work for increasing the functional ability of our patient in their daily activity... That's REHABILITATION GOAL ;)

31 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum .. wr .. wb, mba chan yang baik hati, trimakasih atas informasinya ya, saya boleh minta nomor yang bisa menghubungi untuk memesan kaki palsu tersebut, kalo boleh saya tunggu kabarnya di sheanna@gmail.com, thanx b4 ya mba chan .. wassalamu'alaikum .. wr .. wb

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr wb

senang sekali bisa menemukan Blog Dr. Chandra. saya tertarik sekali dgn artikel orthotic & Prosthetic ini, karena profesi OP ini adalah profesi yang saya pilih. semoga dikemudian hari kita bisa Bekerja sama.

visit my site http://kakipalsu.co.nr/

Anonim mengatakan...

Yth Dr. Siti Chandra,

Saya mohon tanya, apakah di bengkel Dokter ada kasus untuk membuatkan kaki palsu untuk dua kaki? Apakah prosedur dan bentuk kakinya sama antara satu kaki atau dua kaki? Apakah ada kemungkinan untuk berjalan kembali dengan kondisi menggunakan 2 kaki palsu?

Kasus kami, kondisi 2 kaki di amputasi karena kecelakaan. Mohon informasinya atas hal tersebut dan alamat bengkel OP nya ke email saya dodyast@yahoo.com.

Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

onny mengatakan...

Ass Buk Chan, boleh saya dapat info telp untuk pembuatan dan pemasangan kaki palsu untuk kakak Saya,, trims onny.iskandar@gmail.com

Anonim mengatakan...

saya punya seorang adik perempuan sekarang dia kels 3 smp....dia penderita cacat lahir...saya ingin membahagiakan adik saya dengan membelikannya tangan palsu....tapi kendalanya kami termaksud orang yang kurang mampu......mudah-mudahan melalui dr Siti Chandra SpRM saya bisa mendapatkan tangan palsu adik saya dengan harga yang terjangkau.....ngak mesti bagus bahan bakunya yang penting bisa menutupi kekurangn adik saya

Anonim mengatakan...

oh ya dokkkk oni no tlp saya yang tadi punya adik yang cacat sejak lahir.yang ngak punya tangan kiri 085260505537

Anonim mengatakan...

dokter tolonglah saya dok untuk mewujudkan mimpi adik sayaaaaaaaaa.sekali lagi saya mohon bntuannya.......
jazakumullah

Anonim mengatakan...

askum...ibu sy mohon bantuan informasinya no telfon pembuatan dan pemesanan kaki palsu yang baik n harga terjangkau,chabib:elcha_84@yahoo.com wassalamualaikum..

erwan mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb
ibu ..anak saya terkena mal praktek yang menyebabkan jari-jari tangan kanannya di amputasi, saya udah bertanya dan browsing internet untuk mencari solusi akan hal ini.. tapi apa daya sampai sekarang blm mendapatkan solusi tersebut...untuk itu sy mohon bantuan informasinya no telfon pembuatan dan pemesanan tangan palsu yang baik n harga terjangkau,..saya tinggal di Bandung...Email saya...ndaduk@yahoo.com

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb.

mba chan..papa saya diamputasi sekitar 6 bulan yang lalu pada kaki kirinya, sisa kaki kirinya hanya tinggal 20 cm. berat badan papa saya 60 kg dan tinggi badan 165 cm. yang ingin saya tanyakan dimana tempat yang/rs dijakarta yang bagus untuk membuat kaki palsu?kira2 brp harga untuk kaki palsu yang bagus dan bisa ditekuk 90 derajat?
saya tunggu kabarnya di dri.2503@gmail.com
thx b4

Ade Tisna mengatakan...

Assalamu'alaikum .. wr .. wb,
Bu saya mau tahu informasinya tentang kaki paslu, saya membutuhkannya baut Bapak saya yang diamputasi sebesalah kakinya di bawah lutut akibat penyakit Diabet.
Kami tinggal di Bandung, untuk infomasinya menghubungi kemana?
Terimakasih, klo ada kabarnya saya tunggu di mail detisna72@gmail.com
Wassalamu'alaikum .. wr .. wb

Ade Tisna mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.,Wb.
Ibu saya mau tahu informasinya tentang kaki palsu, saya membutuhkan buat Bapak saya yang diamputasi satu kaki di bawah lutut.
Kami tinggal di Bandung, mohon informasinya kemana saya bisa menghubunginya?
Kalau ada informasinya saya tunggu di email saya detisna72@gmail.com
Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr., Wb.

Ade Tisna mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.,Wb.
Ibu saya mau tahu informasinya tentang kaki palsu, saya membutuhkan buat Bapak saya yang diamputasi satu kaki di bawah lutut.
Kami tinggal di Bandung, mohon informasinya kemana saya bisa menghubunginya?
Kalau ada informasinya saya tunggu di email saya detisna72@gmail.com
Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr., Wb.

Ade Tisna mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.,Wb.
Ibu saya mau tahu informasinya tentang kaki palsu, saya membutuhkan buat Bapak saya yang diamputasi satu kaki di bawah lutut.
Kami tinggal di Bandung, mohon informasinya kemana saya bisa menghubunginya?
Kalau ada informasinya saya tunggu di email saya detisna72@gmail.com
Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr., Wb.

Anonim mengatakan...

ass..
dok saya boleh minta no telpon yang dapat dihubungi atau alamatnya dimana, sya butuh kaki palsu buat ibu saya..tolong secepatnya kabari lewat email saya di rian.fitriasari@yahoo.com
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak..

Anonim mengatakan...

pak saya mw tanya,,,apakah ada kaki palsu yg bisa d gerakan seirama dg kaki aslinya???
tidak hanya tegak maksud'y,,karna saya mempunyai family yg kaki sebelah kanan'y d amputasi sampai atas dengkul,,,,,mohon di balas..

Anonim mengatakan...

Dokter....suamiku pake kaki palsu ni, kebetulan kaki kiri bawah lutut. Sdh 3 kali buat kaki palsu tapi blm ketemu yang nyaman dipakai.
Klo mau liat2 bentuknya dmn ya? Kira2 berapa ya harga kaki palsu untuk yang bawah lutut?
Baru nyari yang nyaman n ringan dpakai karena aktifitas suami yang banyak.
Terima kasih ya dok atas infonya.

Anonim mengatakan...

Dokter..
saya pasien amputasi memasuki bulan ketiga..
Mohon info ttg pembuatan protesis yg nyaman dipakai.
ficha35_adinda@yahoo.com

koma_tlibra mengatakan...

Assalamualaikum wr. wb.
dr. Chan sy minta tolong informasi tempat atw no yg bisa dhubungi pemesanan kaki ps peralsu, untuk kasus di atas lutut,
trimakasi ats prhtiannya.

koma_tlibra mengatakan...

Assalamualaikum wr. wb.
dr. Chan yg baik, tolong informasi tempat atw no yg bisa dhubungi untk pmesanan kaki palsu yg d ats lutut.
n tambahkn jg informsi ttg cra kerjax.
sy nantikan kabarx di nisa_has09@ymail.com
trimakasi ats perhtianx

Unknown mengatakan...

wah snang skali bisa berkenalan dng dr chan, sya berprofesi sbg ortotik prostetik yang bertugas membuat kaki palsu dan alat ortopedi, smga bisa bekerja sama
http://prostetik-ortotik.co.cc

Anonim mengatakan...

UNTUK SAHABAT SEMUA:
Saya dr.Chandra, sudah lama tidak aktif lagi merespon dan me upload blog ini.
Bagi yang ingin bertanya bisa email saya di sitichandraw@yahoo.com

Untuk info pembuatan kaki palsu yang aman sesuai dengan kaidah rehabilitasi medik, yang dibuat oleh seorang ahli orthosis-prosthesis, dapat dijumpai di departemen rehabilitasi medik, rscm, atau rsup.fatmawati, atau rspad.gatotsubroto untuk yang berdomisili di jakarta. Untuk Solo,jawa tengah dan sekitarnya bisa ke RS.Orthopedi dr.Suharso Solo. Untuk domisili jawatimur bisa ke RS.Dr,Sutomo, surabaya.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum .
Dokter ? Saya ingin tanya .
Apakah janka waktu pemesanan bahan dari import itu cukup lama ? Kira2 berapa bulan dok?

Marwati mengatakan...

Selamat Sore semuanya..
Saya Imar, berprofesi sebagai Prosthetist/Orthotist di Ottobock Indonesia. Kami bisa membantu memberikan informasi yang sangat lengkap mengenai inquiry/pertanyaan tentang kaki palsu. Ottobock adalah perusahaan terbesar yg menjual komponen kaki palsu dari Jerman, yang baru membuka cabang di Indonesia. Jadi, silahkan kunjungi website kami di www.ottobock.id atau email ke marwati.id@ottobock.com . Terimakasih.

Jani mengatakan...

Dokter kami siap bekerjasama, kami pembuat kaki palsu berkualitas, siap melayani seluruh Indonesia.
Mobile/WA : 0857 2881 1088
Telp : 021-77884032

Agung mengatakan...

Terima kasih infonya bu dokter.
Untuk pembuatan kaki palsu dan tngan palsu
Telp : 08122543363

PIN : 7CFD06C4

Kaki palsu Pioneer cirebon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kaki palsu Pioneer cirebon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kaki palsu Pioneer cirebon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kaki palsu Pioneer cirebon mengatakan...

Terima kasih atas infoy bu dokter. Kami siap bekerjasama dalam pembuatan kaki tangan palsu dan alat ortopedy lainy.kami melayani seluruh indonesia.
Teln/WA 085728556499

Kaki Palsu Bandung mengatakan...

Terimakasih infonya dok,
Barangkali ada pasen dokter yang membutuhkan kaki palsu di daerah Bandung bisa menghubungi kami di https://kakipalsubandung.wordpress.com
Terima kasih dan salam sukses